Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kelas X SMA
Penelitian tindakan kelas ini berjudul
“ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN TRADISI SEJARAH DALAM MASYARAKAT INDONESIA MASA PRAAKSARA DAN MASA AKSARA SISWA KELAS X2 DI SMA NEGERI 1 GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ”
Pembelajaran dikatakan berhasil ketika siswa dapat memahami apa yang telah diterimanya. Penggunaan model pembelajaran tidak hanya membantu guru dalam mengajar tetapi juga memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari.
Pembelajaran yang membosankan ini tentu akan terus berlangsung apabila para guru khususnya guru Sejarah hanya menggunakan metode yang konvensional saja, tidak melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajarannya.
Apalagi kenyataan yang penulis hadapi saat ini minat siswa khususnya siswa kelas X4 terhadap mata pelajaran Sejarah masih kurang yang menyebabkan hasil belajarnyapun kurang memuaskan yaitu sekitar 67,57 % siswa belum mencapai KKM (Kriteri Ketuntasan Minimal). Hasil belajar siswa kelas X4 ini sangat rendah dibandingkan dengan hasil belajar kelas-kelas yang lainnya dan jauh dari target pencapaian KKM yang sudah ditetapkan. Terjadinya ketidaksesuaian antara proses belajar dan hasil belajar yang diharapkan oleh siswa dipengaruhi oleh banyak factor, baik dilihat dari sisi guru maupun siswa. Guru yang kurang inofatif dalam pembelajaran dan minat siswa yang rendah terhadap pelajaran sejarah. Apabila guru tidak tanggap terhadap gejala-gejala ini, maka akan berakibat pada semakin menurunnya tingkat aktivitas belajar siswa.
Selain itu, seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa juga tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebagai akibatnya dapat membawa dampak yang lebih buruk, dimana siswa tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan. Melihat pada kenyataan tersebut, penulis menganggap sangat perlu melakukan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mencoba menggunakan metode pembelajaran koperatif atau Cooperative Learning yang sedang gencar disosialisasikan sebagai alternatif dan berharap dengan metode ini bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang akan dicoba adalah Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk malkukan penelitian dengan judul :
Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X4 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan.
Mungkin dengan sedikit ini bisa membantu Bapak/Ibu Guru mata pelajaran Sejarah SMA KTSP.
bagi yang minat silahkan download disini
Apalagi kenyataan yang penulis hadapi saat ini minat siswa khususnya siswa kelas X4 terhadap mata pelajaran Sejarah masih kurang yang menyebabkan hasil belajarnyapun kurang memuaskan yaitu sekitar 67,57 % siswa belum mencapai KKM (Kriteri Ketuntasan Minimal). Hasil belajar siswa kelas X4 ini sangat rendah dibandingkan dengan hasil belajar kelas-kelas yang lainnya dan jauh dari target pencapaian KKM yang sudah ditetapkan. Terjadinya ketidaksesuaian antara proses belajar dan hasil belajar yang diharapkan oleh siswa dipengaruhi oleh banyak factor, baik dilihat dari sisi guru maupun siswa. Guru yang kurang inofatif dalam pembelajaran dan minat siswa yang rendah terhadap pelajaran sejarah. Apabila guru tidak tanggap terhadap gejala-gejala ini, maka akan berakibat pada semakin menurunnya tingkat aktivitas belajar siswa.
Selain itu, seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa juga tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebagai akibatnya dapat membawa dampak yang lebih buruk, dimana siswa tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan. Melihat pada kenyataan tersebut, penulis menganggap sangat perlu melakukan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mencoba menggunakan metode pembelajaran koperatif atau Cooperative Learning yang sedang gencar disosialisasikan sebagai alternatif dan berharap dengan metode ini bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang akan dicoba adalah Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk malkukan penelitian dengan judul :
Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X4 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan.