KKTP Kumer Kelas 1 Semester 1 (Ganjil)
KKTP Kumer Kelas 1 Semester 1 (Ganjil)
Kriteria Ketercapaian Tujuan pembelajaran atau KKTP adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam tujuan pembelajaran. Kriteria ini memiliki peran penting dalam merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Dengan demikian, KKTP Kurikulum Merdeka dapat membantu pendidik dalam memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan tindak lanjut yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Manfaat KKTP IKM
KKTP Kurikulum Merdeka (IKM) terdiri dari Fase A (Kelas 1-2) fase B (Kelas 3-4 dan fase C (Kelas 5-6) juga memiliki manfaat dalam memberikan informasi yang konkret dan komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya kriteria ini, pendidik dapat melihat dengan jelas sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Hal ini akan membantu pendidik dalam mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang telah digunakan dan membuat keputusan yang tepat dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik.
Selain itu, KKTP juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih atau menyusun instrumen asesmen. Dalam memilih asesmen yang tepat, pendidik harus memastikan bahwa instrumen tersebut benar-benar sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kriteria pencapaian yang telah ditetapkan. Dengan demikian, hasil asesmen akan memberikan gambaran yang akurat tentang sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi yang diharapkan.
Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, penting bagi pendidik untuk memahami dan menggunakan kriteria pencapaian tujuan pembelajaran dengan baik. Dengan memperhatikan kriteria ini, pendidik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif bagi peserta didik.
Penentuan KKTP
Pendekatan yang dapat digunakan untuk menetapkan kriteria pencapaian tujuan pembelajaran adalah dengan menggunakan beberapa pendekatan terdiri dari:
1. Pendekatan deskripsi
Dalam pendekatan ini, guru menetapkan serangkaian kriteria ketuntasan yang terkait dengan tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apa pun yang ingin diukur. Pendidik dapat menandai kriteria yang memadai untuk peserta didik yang dianggap telah mencapai tujuan pembelajaran. Sebaliknya, jika ada peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, pendidik dapat menandai kriteria yang tidak memadai. Pada akhirnya, kesimpulan tentang pencapaian tujuan pembelajaran juga harus disertakan sebagai penentu pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik.
2. Menggunakan Rubrik
Dalam Menetapkan KKTP Kurikulum merdeka anda dapat menggunakan rubrik. Pendekatan ini mengadopsi penggunaan rubrik sebagai alat untuk mengevaluasi sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Deskripsi pada rubrik ini lebih lengkap dan rinci dibandingkan dengan deskripsi kriteria lainnya. Sebagai penutup, kesimpulan pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran diungkapkan dengan jelas, sehingga dapat menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau masih perlu peningkatan.
3. Menggunakan skala atau interval nilai
Untuk menerapkan pendekatan ini, pendidik atau lembaga pendidikan dapat menggunakan rubrik atau nilai dari tes. Sebelumnya, pendidik harus memutuskan interval dan tindakan lanjut yang akan diambil untuk peserta didik. Dalam menentukan interval, pendidik atau lembaga pendidikan diberikan kebebasan untuk memilih interval yang paling sesuai.
Pendekatan ini memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk mengadaptasi strategi pembelajaran yang efektif dan memberikan bimbingan yang tepat kepada peserta didik. Dengan menggunakan rubrik atau tes, pendidik dapat secara objektif mengukur kemajuan peserta didik dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Dalam mengambil keputusan mengenai Ketercapaian Kriteria Tujuan pembelajaran, kolaborasi antara pendidik sangat penting. Melalui diskusi yang saling menghormati, guru dapat menyamakan persepsi berdasarkan data siswa di sekolah dan pengetahuan profesional yang dimiliki. Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menentukan KKTP Kurikulum Merdeka.
Sebagai kelengkapan berikut ini telah saya persiapkan materi === yang dapat didownload secara gratis pada menu di bawah ini:
KKTP Mata Pelajaran Bhs. Indonesia DISINI
KKTP Mata Pelajaran Bhs. Inggris DISINI
KKTP Mata Pelajaran Matematika DISINI
KKTP Mata Pelajaran PAI DISINI
KKTP Mata Pelajaran PJOK DISINI
KKTP Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila DISINI
KKTP Mata Pelajaran Seni Musik DISINI
KKTP Mata Pelajaran Seni Rupa DISINI
KKTP Mata Pelajaran Seni Tari DISINI
KKTP Mata Pelajaran Seni Teather DISINI
Demikian ulasan materi KKTP Kumer Kelas 1 Semester 1 (Ganjil) semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila masih kurang sempurna