Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013

Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks yang memuat informasi untuk dijadikan pedoman dalam menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Dengan demikian dapat diperoleh berbagai macam kisi-kisi. Kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal diagnosis kesukaran belajar peserta didik berbeda dengan kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal prestasi belajar. Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes penempatan juga berbeda dengan kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes kompetisi. Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes ulangan umum juga berbeda dengan kisi-kisi yang digunakan untuk menyusun tes ujian akhir nasional. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak ada satupun kisi-kisi yang dapat digunakan untuk semua tujuan semua tes. (Surapranata, 2005 : 50)
Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013
Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013

Kegunaan Kisi-Kisi:

Kisi-kisi tes berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes. Dengan adanya panduan ini, penulis soal dapat menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes dapat menyusun perangkat tes dengan mudah. Dengan demikian, jika tersedia sebuah kisi-kisi yang baik, maka penulis soal yang berbeda akan dapat menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, baik dari tingkat kedalaman maupun cakupan materi yang ditanyakan. Berikut perbandingan fungsi tes :

1. Fungsi untuk Kelas :
a. Mengadakan diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa
b. Mengevaluasi celah antra bakat dengan pencapaian.
c. Menaikkan tingkat prestasi.
d. Mengelompokan siswa di kelas pada waktu metode kelompok.
e. Merencanakan kegiatan proses belajar mengajar untuk siswa siswa secara perseorangan.
f. Menentukan siswa mana yang memerlukan bimbingan khusus.
g. Menentukan tingkat pencapaian untuk setiap anak.
Baca: Kisi-Kisi Soal penilaian Harian kelas 4 Semester 2
2. Fungsi untuk Bimbingan :
a. Menentukan arah pembicaraan dengan orang tua tentang anak-anak mereka.
b. Membantu siswa dalam menentukan plihan.
c. Membantu siswa mencapai tujuan pendidikan dan jurusan.
d. Memberi kesempatan kepada pembingbing, guru, dan orang tua dalam memahami kesulitan anak.
Baca juga: Kisi-Kisi UKG setelah PLPG Tahun 2018
3. Fungsi untuk Administrasi
a. Memberi petunjuk dalam mengelompokkan siswa.
b. Penempatan siswa baru 
c. Membantu siswa memilih kelompok.
d. Menilai kurkulum.
e. Memperluas hubungan masyarakat (public relation).
f. Menyediakan informasi untuk badan-badan lain diluar sekolah.

Berikut merupakan link download materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013 



Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Kurikulum 2013 semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu semua, serta dapat mempermudah, mempercepat pekerjaan dalam melengkapi administrasi.