RPP Matematika K13 Kelas 5 Semester 2 Volume Bangun Ruang
RPP Matematika K13 Kelas 5 Semester 2 Volume Bangun Ruang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD/MI ................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas /Semester
|
:
|
V /Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2017/2018
|
Materi Pokok
|
:
|
Volume Bangun Ruang
|
Alokasi Waktu
|
:
|
18 JP (6 Pertemuan)
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati,
menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik
diharapkan dapat
- Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus
- Siswa dapat menghitung volume kubus.
- Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.
- Siswa dapat menghitung volume balok
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.5
Menjelaskan,
dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti
kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
|
3.5.1 Memahami satuan volume
3.5.2 Menganalisis unsur dan volume
kubus
3.5.3 Menganalisis unsur dan volume
balok
3.5.4 Memahami cara menentukan volume
kubus dan balok
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan
volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
|
4.5.1
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan
volume
4.5.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Fakta:
- Contoh-contoh gambar balok dan kubus
2. Konsep
- Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
- Balok disebut prisma siku-siku. Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
- Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
D.
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Scientific Learning
- Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E.
Media Pembelajaran
- Media LCD projector,
- Laptop,
- Bahan Tayang
F.
Sumber Belajar
- Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 5 Revisi 2017
- Buku Petunjuk Guru Matematika Kelas 5
- Modul/bahan ajar,
- Internet,
- Sumber lain yang relevan