Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD/MI Tema 5

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD/MI Tema 5

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD/MI Tema 5 - Penilaian hasil belajar dapat diklasifikasi berdasarkan cakupan kompetensi yang diukur dan sasaran pelaksanaannya.
Jenis Penilaian Berdasarkan Cakupan Kompetensi yang diukur sebagaimana dijelaskan dalam  PP. Nomor 19 tahun 2005 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. 

Sedangkan kata “Ulangan” pada pelaksanaan kurikulum hasil revisi diubah istilah menjadi “Penilaian”; yang terdiri dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS).

Dengan perubahan istilah tersebut, maka dapat kami jelaskan sebagai berikut:

a. Penilaian Harian (PH)

Penilaian harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Penilaian Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk penilaian harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.

b. Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan Penilaian Tengah Semester (PTS) meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Bentuk Penilaian Tengah Semester selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk atau juga portofolio.

c. Penilaian Akhir Semester (PAS)

Penilaian Akhir Semester  (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester satu. Cakupan penilaian  akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester satu. Penilaian akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

d. Penilaian Kenaikan Kelas

Penilaian kenaikan kelas  atau ada kesamaan istilah UKK adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. Penilaian kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis, lisan, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas dan produk. Dan hasil akhir dari Penilaian Akhir Semester itu pula diperguankan untuk kenaikan kelas bagi peserta didik yang telah memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan.
Sebagian dari penjelasan di atas secara langsung dapat dilaksanakan dengan penerapan penilaian dengan terlebih dahulu menyusun kisi-kisi soalnya, dan akhirnya ersusunlah sebuah soal penilaian yang telah kami persiapkan berikut ini:
Soal Penilaian Harian Kelas 2 tema 5
Soal PH Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Semester 2.rar 
Soal PH Kelas 2 Tema 5 Subtema 2 Semester 2.rar 
Soal PH Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 Semester 2.rar 
Soal PH Kelas 2 Tema 5 Subtema 4 Semester 2.rar
Demikian ulasan singkat materi  Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD/MI Tema 5 dengan harapan segera dapat dipergunakan dalam kemudahan bapak dan ibu guru