Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Aturan Seragam Sekolah SD,SMP,SMA,SMK

Update Aturan Seragam Sekolah SD,SMP,SMA,SMK

Seragam sekolah adalah pakaian khas yang dikenakan oleh siswa dan siswi di sekolah. Seragam ini dirancang dengan tujuan untuk menciptakan kesetaraan di antara siswa, mengurangi tekanan sosial terkait pakaian, serta mempromosikan rasa solidaritas dan identitas sekolah.

Update Aturan Seragam Sekolah SD,SMP,SMA,SMK
Update Aturan Seragam Sekolah SD,SMP,SMA,SMK

Untuk memperjelas berkaitan dengan berbagai isue tentang seragam sekolah, Berikut adalah beberapa komponen penting dari seragam sekolah:

1. Atasan

Biasanya terdiri dari kemeja atau blouse dengan warna dan desain yang telah ditentukan oleh sekolah. Beberapa sekolah mungkin memperbolehkan penggunaan polo shirt atau kaus berkerah dengan logo sekolah.

2. Bawahan

Bisa berupa celana panjang atau rok dengan panjang yang sesuai standar yang telah ditetapkan oleh sekolah. Warna dan bahan bawahan juga biasanya sudah diatur.

3. Aksesoris

Dalam beberapa kasus, seragam sekolah juga mencakup aksesoris seperti dasi, ikat pinggang, atau pita rambut dengan warna dan desain tertentu, bahkan penggunaan warna jilbab.

4. Sepatu

Sekolah biasanya memiliki aturan terkait sepatu yang boleh dikenakan oleh siswa, seperti sepatu berwarna hitam atau putih dengan desain tertentu.

5. Jaket atau sweater (bila mungkin)

Untuk seragam tambahan saat cuaca dingin, beberapa sekolah menyediakan jaket atau sweater dengan logo sekolah.

6. Logo sekolah

Logo atau lambang sekolah biasanya ditempatkan di berbagai bagian seragam, seperti di kemeja, jaket, atau dasi, untuk membedakan seragam sekolah dari pakaian biasa.

Selain komponen-komponen di atas, seragam sekolah juga dapat mencakup ketentuan lain, seperti larangan penggunaan aksesori tambahan, aturan panjang rambut, dan sebagainya.

Seragam sekolah menjadi identitas yang penting bagi siswa dan juga mewakili nilai-nilai sekolah. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mematuhi aturan seragam yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Bahwa saat ini di media sosial sedang ramai mencuatkan isu terkait aturan baru Mendikburistek terkait seragam sekolah. Informasi ini tentunya tidak benar, aturan terkait seragam sekolah sudah diterbitkan sejak tahun 2022.

Saat ini Kemendikbudristek melalui BKHM sedang mengcounter isu tersebut melalui postingan di media sosial Kemendikbud.ri dan sebagai pedoman secara lengkap dapat didownloa DISINI

Demikian ulasan singkat materi tentang Update Aturan Seragam Sekolah SD,SMP,SMA,SMK semoga bermanfaat. Untuk lebih mudah anda bisa mengkases langsung setiap artikel yang selalu saya update DISINI