Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Matematika K13 Kelas 5 Semester 2 Volume Bangun Ruang

RPP Matematika K13 Kelas 5 Semester 2 Volume Bangun Ruang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017

Satuan Pendidikan
:
SD/MI ................................
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas /Semester
:
V /Genap
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Materi Pokok
:
Volume Bangun Ruang
Alokasi Waktu
:
18 JP (6 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
  • Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus
  • Siswa dapat menghitung volume kubus.
  • Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.
  • Siswa dapat menghitung volume balok
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.5.1      Memahami satuan volume
3.5.2      Menganalisis unsur dan volume kubus
3.5.3      Menganalisis unsur dan volume balok
3.5.4      Memahami cara menentukan volume kubus dan balok
4.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.5.1      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
4.5.2      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

C.     Materi Pembelajaran
1. Fakta:
  • Contoh-contoh gambar balok dan kubus
2. Konsep
  • Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
  • Balok disebut prisma siku-siku.  Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
3. Prinsip
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
4. Prosedur
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
  • Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
D.     Metode Pembelajaran
  • Pendekatan                 :  Scientific Learning
  • Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E.     Media Pembelajaran
  • Media LCD projector,
  • Laptop,
  • Bahan Tayang
F.      Sumber Belajar
  • Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 5 Revisi 2017
  • Buku Petunjuk Guru Matematika Kelas 5
  • Modul/bahan ajar,
  • Internet,
  • Sumber lain yang relevan
RPP K-2013 Matematika Kelas 5 Semester 2 Volume Bangun Ruang